Implementation Of Educational Character Through Strengthening The Vision And Mission In “Muslim Cendekia” Elementary School In Batu City

Authors

  • Fauzan Fauzan Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan

Keywords:

karakter, visi dan misi, stakeholder, kebajikan

Abstract

Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi yang unggul. Nilai-nilai pendidikan akan mengembangkan potensi yang ada dalam diri manusia, yang dalam bahasa pendidikan, para ahli menyebutnya dengan karakter. Berkembangnya karakter dalam diri anak juga ditentukan oleh visi dan misi sekolah. Peran visi sekolah sangat membantu dalam membentuk karakter anak didik, sedangkan misi adalah bentuk kegiatan yang harus dilakukan sekolah dalam mewujudkan misi. Sekolah Dasar Muslim Cendekia (SDMC) merupakan sekolah baru di Kota Batu yang telah mendapat kepercayaan masyarakat sebagai sekolah yang mampu mendidik anak berkarakter. Stakeholder di SDMC menginternalisasikan nilai-nilai visi dan misi sekolah ke dalam pembentukan karakter siswa, sebagai bentuk keprihatinan seluruh pimpinan, guru, dan staf SDMC atas demoralisasi di kalangan anak-anak dan para remaja Indonesia akhir-akhir ini yang makin meningkat. SDMC melakukan penguatan karakter terhadap anak didik menjadi manusia yang beriman sempurna, berilmu luas, dan berakhlak mulia. Karakter yang ditanamkan terhadap siswa di SDMC yaitu cinta Allah dan Rasul, cinta orang tua/guru, cinta sesama, cinta keunggulan, cinta diri sendiri, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, cinta alam sekitar,  dan cinta bangsa dan negara. Penguatan penanaman karakter di SDMC bertujuan agar anak didik tidak hanya mengetahui kebajikan (knowing the good) tetapi juga merasakan (feeling the good), mencintai (loving the good), menginginkan (desiring the good) dan mengerjakan (acting the good) kebajikan.

 

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Implementation Of Educational Character Through Strengthening The Vision And Mission In “Muslim Cendekia” Elementary School In Batu City. (2021). International Conference on Islamic Studies, 2(1), 161-181. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/25