Pembelajaran Ilmu Tasawuf Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan Untuk Membentuk Pemuda yang Sufi

Authors

  • Moh. Ali Ghafir Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

Keywords:

Karakter, Social Learning, Sumber Daya Manusia

Abstract

Social learning merupakan suatu pendekatan psikologi dengan menggunakan teori observational learning. Model ini digunakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moch. Cholil Bangkalan sebagai upaya penguatan karakter untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program-program yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan dalah untuk mengetahui penguatan karakter dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui social learning di Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi  kasus. Kancah penelitian di STAIS Moh. Cholil Bangkalan. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data adalah deskriptif kualitatif menggunakan model Milles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teori.

Hasil penelitian yaitu: Penguatan karakter dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui social learning di Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan ada dua, yaitu pertama adalah terprogram, dan kedua adalah mandiri, sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM dengan  tiga rana: (1) konsep/pengetahuan moral (moral knowing), (2) Sikap Moral (moral feeling), (3) perilaku moral (moral behavior).

References

Sakduddin al-Murad, 2010. Durar al-Rasail Li al-Murid al-Sail
Ibnu Athaillah al-Sakandari, 2015. Al-Hikam
Al-Ghazali, 2000. Ihya’ Ulum al-Ddin.
Al-Ghazali, 2000, Mau’dlah al-Mukminin
Al-Ghazali, 1999, Muraq al-‘Ubudiyah

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Pembelajaran Ilmu Tasawuf Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan Untuk Membentuk Pemuda yang Sufi. (2021). ICoIS: International Conference on Islamic Studies, 2(1), 196-205. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/28