Historisitas dan Paradigma Pendekatan Problem Based Learning

Authors

  • Abdul Hayyi Akrom IAI Hamzanwadi Pancor

Keywords:

Pendekatan, Problem Based Learning

Abstract

Problem based learning menjadi pendekatan penting dalam pembelajaran. Pendekatan ini menempatkan peserta didik menjadi aktor penting pada pembelajaran. Dengan posisi peserta didik menjadi aktor dan pendidik sebagai fasilitator membuka kesempatan besar bagi peserta didik untuk aktif dalam setiap pembelajarannya. Sehingga peserta didik mampu mengkontekskan pembelajaran yang dilaluinya pada situasi lingkungan yang dihadapi. Hal ini dapat mengantarkan kepekaan pada diri peserta didik pada setiap momentum pembelajarannya.

Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber pokok dari penelitian kepustakaan ini adalah tulisan yang ditulis oleh Jane Conway dan Penny Little yang berjudul From Practice TO Theory: Reconceptualising Curriculum Development For PBL.

                Kajian ini menemukan, bahwa Kanada menjadi tempat ditemukannya pendekatan pembelajaran ini. Pendekatan problem based learning mampu mendekatkan peserta didik dengan berbagai realitas nyata yang sesungguhnya telah mereka ketahui pada kehidupan mereka masing-masing. Problem Based Learning menjadi pilihan penting bagi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran yang dapat mengantarkan pada konsep-konsep yang dibutuhkan.

 

References

Jane Conway dan Penny Little, From Practice TO Theory: Reconceptualising Curriculum Development For PBL, tnp th.
Indra Djati Sidi, 2001, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Paramadina.
Richard l. Arends, 2008, Learning To Teach, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran, Rajawali Press: Jakarta.
Hamdy, Mohammad Zainal. “At-Tansiq Fi Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah.” Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 2, no. September (2019): 30–52.
Ningsih, Wiwik Prasetiyo, and Mohammad Zainal Hamdy. “إدارة بيئة اللغة العربية : تكوينا وتطبيقا.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (2021): 139–153.
Suparno P, 1997, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius.
Power point dari BPSDMPK, PBL, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
Warsono & Hariyanto, 2012, Pembelajaran Aktif, Bandung: Rosda.
Yatim Riyanto, 2010, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Historisitas dan Paradigma Pendekatan Problem Based Learning. (2021). ICoIS: International Conference on Islamic Studies, 2(1), 286-299. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/35