Nilai-Nilai Kualitas Layanan dalam Al-Qur’an dan Hadits

Authors

  • Syaeful Rokim Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor
  • Aceng Zakaria Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor
  • Rumba Triana Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor

Keywords:

Service Quality, Al-Qur’an, Hadits

Abstract

Artikel ini berusaha untuk menggali nilai-nilai kualitas layanan yang terkandung di dalam Al-Qur’an al-karim dan hadits nabawi. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan kepustakaan dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber utama dalam penelitian ini adalah teks ayat al-Qur’an dan hadits nabawi, serta sumber pendukung dari jurnal yang berkaitan tentang tema pembahasan. Artikel ini menemukan bahwa ada nilai-nilai yang menunjukkan pada kualitas layanan bagi umat Islam dalam kegiatan mereka yang berhubungan dengan sesama muslin atau orang lain. Hasil dari penelitian ini bahwa nilai kualitas layanan dilihat dari segi dimensinya yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits Nabawi adalah zaen, ihsan, mubadarah, ikram dan ihtimam.

References

Al-Arabiyah, Majma’ al-Lughah. Al-Mu’jam Al-Wasith. الإداراة العامة للمعجمات وإحياء التراث. Kairo: Maktabah Al-Syuruq al-Dauliyah, 2004.
Al-Asyqar, Muhammad Sulaiman. Zubdah Al-Tafsir, 2007.
Al-Bukhari, Muhammad Ismail. “Shahih Al-Bukhari.” Riyadh: Bait al-Afkar, 1998.
Al-Muqbil, Umar Abdullah. “Liyaddabbaru Ayatih.” In 2. Riyadh: Dar al-Hadarah, 2011.
Al-Naisaburi, Muslim al-Hajjaj. “Shahih Muslim.” Riyadh: Bait al-Afkar, 1998.
Al-Nawawi, Yahya bin Syaraf. Shahih Muslim Bi-Syarh Al-Nawawi. Kairo: al-Mathba’ah al-Mishriyah, 1929.
Al-Sa’di, Abdurrahman Nashir. Taisir Al-Karim Al-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Riyadh: Dar Ibn al-Jawzi, n.d.
Al-sarih, Fayiz Sayyaf. “Al-Tafsir Al-Shaghir.” Riyadh: Dar al-Hadarah, 2021.
Al-Syaikh, Shalih Abdul aziz Alu. Al-Tafsir Al-Muyassar. Al-Madinah al-Munawarah: Maktabah al-Malik Fahd, 2009.
Al-Tabrani, Sulaiman Ahmad. Al-Mu’jam Al-Awsath. Kairo: Dar al-Haramain, 1995.
Al-Tirmidzi, Muhammad Isa. “Jami’ Al-Tirmidzi.” Riyadh: Bait al-Afkar, 1998.
Farida, Anik, and M Taufik Hidayatulloh. “Kebutuhan Layanan Keagamaan Umat Khonghucu Di DKI Jakarta.” Jurnal Multikultural & Multireligius 17, no. 1 (2018).
Gunawan, Karebet. “Pelayanan Lembaga Zakat Untuk Meningkatkan Kepuasan Muzakki.” ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf 4, no. 2 (2018): 297–312.
Helmawati, Triana, and Siti Dyah Handayani. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Di Klinik Rumah Zakat Yogyakarta.” JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit) 3, no. 1 (2014).
Iberahim, H, N K Mohd Taufik, A S Mohd Adzmir, and H Saharuddin. “Customer Satisfaction on Reliability and Responsiveness of Self Service Technology for Retail Banking Services.” Procedia Economics and Finance 37 (2016): 13–20.
Ismail Umar, Ibnu Kathir. “Tafsir Al-Quran Al’Azim.” Riyadh: Dar Tayibah, 1999.
Khaliq, Restu. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Banjarmasin Kalimantan Selatan.” Relevance: Journal of Management and Business 2, no. 1 (2019).
Landrum, Hollis, Xiaoni Zhang, Victor Prybutok, and Daniel Peak. “Measuring IS System Service Quality with SERVQUAL: Users’ Perceptions of Relative Importance of the Five SERVPERF Dimensions.” Informing Science 12 (2009).
Mas’ud al-Baghawi, Al-Husain. “Tafsir Al-Baghawi: Ma’alim Al-Tanzil.” Riyadh: Dar Tayibah, 1991.
Nguyen, Quang, Tahir M Nisar, Dan Knox, and Guru Prakash Prabhakar. “Understanding Customer Satisfaction in the UK Quick Service Restaurant Industry: The Influence of the Tangible Attributes of Perceived Service Quality.” British Food Journal, 2018.
Putri, Kadek Indri Novita Sari, and I Nyoman Nurcaya. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Centre Denpasar.” Udayana University, 2013.
Shalih Humaid. Al-Mukhtashar Fii Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Riyadh: Tafsir Center For Qur’aic Studies, n.d.
Sulistiyowati, Wiwik. Kualitas Layanan: Teori Dan Aolikasinya. Sidoarjo: Umsida Press, 2018.
Syaifullah, Dian Hafit. “Tingkat Kepuasan Masyarakat Atas Layanan Keagamaan Yang Diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Buddha Tahun Layanan 2018.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi) 5, no. 1 (2019): 73–84.
Syaripudin, Ahmad. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Agama Islam.” Nukhbatul Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam 2, no. 1 (2016): 132–39.

Downloads

Published

2022-10-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Nilai-Nilai Kualitas Layanan dalam Al-Qur’an dan Hadits. (2022). International Conference on Islamic Studies, 3(2), 419-433. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/158